Pengobatan Keputihan pada Wanita

Setelah diketahui penyebabnya, barulah dokter bisa menentukan tindakan pengobatan keputihan secara tepat. Pengobatan yang dilakukan bisa saja menggunakan metode-metode modern ataupun memanfaatkan ramuan-ramuan berasal dari beragam jenis obat.

Jika penyebab keputihan adalah infeksi, ada beberapa tindakan pengobatan yang bisa dilakukan. Diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Obat-obatan

Berikut adalah berbagai jenis obat yang bisa digunakan guna mengatasi keputihan :

  • Asiklovir (digunakan untuk mengobati keputihan yang disebabkan oleh virus herpes).
  • Podofilin 25% (digunakan untuk mengobati keputihan yang disebabkan oleh kondiloma).
  • Larutan asam trikloro-asetat 40-50% atau salep asam salisilat 20-40% (digunakan dengan cara dioleskan).
  • Metronidazole (digunakan untuk mengobati keputihan yang disebabkan oleh bakteri Trichomonas vaginalis dan Gardnerella).
  • Nistatin, mikonazol, klotrimazol dan fliconazole (digunakan untuk mengobati keputihan yang disebabkan oleh jamur Candida albikan).

2. Larutan Antiseptik

Larutan antiseptik digunakan untuk membilas cairan keputihan yang keluar dari vagina. Akan tetapi, larutan ini hanya berfungsi membersihkan. Sebab, larutan tersebut tidak bisa membunuh penyebab infeksi ataupun menyembuhkan keputihan yang diakibatkan oleh penyebab lainnya.
3. Hormon Estrogen

Hormon estrogen yang diberikan biasanya berbentuk tablet dan krim. Pemberian hormon ini dilakukan terhadap penderita yang sudah memasuki masa menopause atau lanjut usia.

4. Operasi Kecil

Operasi kecil perlu dilakukan jika penyebab keputihan adalah tumor jinak, misalnya papilloma.

5. Pembedahan, Radioterapi, atau Kemoterapi

Metode pengobatan ini dilakukan jika penyebab keputihan adalah kanker serviks atau kanker kandungan lainnya. Selain itu, metode pengobatan ini juga dilakukan dengan mengacu pada stadium kankernya.

 

Pengobatan-pengobatan keputihan di atas tentu hanya bisa dilakukan atas petunjuk dari seorang dokter. Cara lain pengobatan keputihan pada wanita yang sudah terbukti efektif adalah dengan terapi menggunakan pembalut anion Lovemoon.

 

This entry was posted in Artikel and tagged , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.