Kanker Serviks – 3

Tes Untuk Menentukan Stadium

Jika tes biopsi menunjukkan bahwa anda terserang kanker, dokter anda perlu mempelajari tingkatan / stadium dari penyakit ini untuk membantu anda memilih perawatan yang terbaik. Penetapan stadium  merupakan upaya hati-hati untuk mengetahui apakah tumor telah menyerang jaringan di sekitarnya, apakah kanker telah menyebar dan, jika demikian, menyebar ke bagian tubuh yang mana. Kanker serviks paling sering menyebar ke jaringan terdekat di panggul, kelenjar getah bening, atau paru-paru. Kanker ini juga bisa menyebar ke hati atau tulang.

Ketika kanker menyebar dari tempat asalnya ke bagian lain tubuh, kanker tersebut tetap mempunyai jenis yang sama seperti sel-sel kanker yang asli.  Sebagai contoh, jika kanker serviks menyebar ke paru-paru, sel-sel kanker di paru-paru itu sebenarnya sel-sel kanker serviks/leher rahim. Penyakitnya adalah kanker serviks metastasis, bukan kanker paru-paru. Untuk alasan itu, penyakit itu diobati sebagai kanker serviks/leher rahim, bukan kanker paru-paru. Dokter menyebutnya tumor baru “jauh” atau penyakit metastasis.

Pencegahan Kanker Serviks Dokter anda akan melakukan pemeriksaan panggul, meraba pembengkakan kelenjar getah bening, dan dapat menghapus jaringan tambahan. Untuk mempelajari sejauh mana kanker telah menyebar, dokter akan melakukan beberapa tes berikut:

  • Sinar X dada: sinar X sering bisa menunjukkan apakah kanker telah menyebar ke paru-paru.
  • CT scan: Sebuah mesin x-ray yang dihubungkan ke komputer mengambil serangkaian gambar detil dari organ-organ anda. Sebuah tumor di hati, paru-paru, atau di tempat lain dalam tubuh dapat terlihat pada CT scan. Anda mungkin menerima bahan kontras melalui suntikan di lengan atau tangan, melalui mulut, atau dengan enema. Bahan kontras membuat daerah abnormal lebih mudah untuk dilihat.

ct scan

  • MRI: Sebuah magnet kuat yang dihubungkan ke komputer digunakan untuk membuat gambar rinci panggul dan perut. Dokter dapat melihat gambar di monitor dan dapat mencetak mereka pada film. MRI dapat menunjukkan apakah kanker telah menyebar. Kadang-kadang bahan kontras membuat daerah abnormal muncul lebih jelas pada gambar.

mri

  • PET scan: Anda menerima suntikan dari sejumlah kecil gula radioaktif. Sebuah mesin membuat gambar terkomputerisasi gula yang digunakan oleh sel dalam tubuh anda. Sel-sel kanker menyerap gula lebih cepat dari sel normal, dan area kanker terlihat terang pada gambar.

Stadium Kanker Serviks

Stadium 0

Stadium ini disebut juga “Carsinoma-in-situ” yang berarti “kanker yang berada di tempatnya”, belum menyerang bagian lain. Pada stadium ini, perubahan sel yang tidak wajar hanya ditemukan pada permukaan serviks. Ini termasuk kondisi pra-kanker yang bisa diobati dengan tingkat kesembuhan mendekati 100%. Tetapi kalau dibiarkan, pada beberapa wanita pra-kanker ini bisa berkembang menjadi kanker setelah beberapa tahun.

Carsinoma-in-situ dapat ditemukan melalui tes pap smear, dan disembuhkan dengan mengambil daerah permukaan serviks yang sel-selnya mengalami perubahan tidak wajar tersebut.

Stadium 1

Stadium 1 berarti bahwa kanker baru berada di leher rahim. Stadium ini dibagi menjadi

  • Stadium 1A
  • Stadium 1B

Saat ini, stadium 1A dan 1B keduanya juga dibagi menjadi dua bagian lagi:

  • Stadium 1A1 dan Stadium 1A2
  • Stadium 1B1 dan Stadium 1B2

Pada stadium 1A, pertumbuhannya begitu kecil sehingga kanker hanya bisa dilihat dengan sebuah mikroskop atau kolposkop. Pada Stadium 1A1, kanker telah tunbuh kurang dari 3 mm ke dalam jaringan serviks, dan lebarnya kurang dari 7 mm. Pada Stadium 1A2, kanker telah tumbuh antara 3 sampai 5 mm ke dalam jaringan-jaringan serviks, tetapi lebarnya masih kurang dari 7 mm.

Stadium 1A kanker serviks

Pada Stadium 1B, area kanker lebih luas, tetapi kanker masih berada dalam jaringan serviks dan biasanya masih belum menyebar. Kanker ini biasanya bisa dilihat tanpa menggunakan mikroskop, tetapi tidak selalu demikian. Pada Stadium 1B1, kanker tidak lebih besar dari 4 cm. Pada Stadium 1B2, kanker lebih besar dari 4 cm (ukuran horizontal).

Stadium 1B kanker serviks

Stadium 2

Pada Stadium 2, kanker mulai menyebar keluar dari leher rahim menuju ke jaringan-jaringan di sekitarnya. Tetapi kanker masih belum tumbuh ke dalam otot-otot atau ligamen dinding panggul, atau menuju ke vagina bagian bawah. Stadium 2 dibagi menjadi

  • Stadium 2A
  • Stadium 2B

Pada Stadium 2A kanker telah menyebar ke vagina bagian atas.

Stadium 2A kanker serviks

Stadium 2A dibagi lagi menjadi

  • Stadium 2A1
  • Stadium 2A2

Pada Stadium 2A1 kanker berukuran 4 cm atau kurang. Pada Stadium 2A2 kanker berukuran lebih dari 4 cm.

Pada Stadium 2B ada penyebaran ke dalam jaringan di sekitar serviks.

Stadium 2B kanker serviks

Kanker serviks Stadium 2A dapat diobati dengan pembedahan atau radioterapi, atau keduanya.

Kanker serviks Stadium 2B biasanya diobati dengan gabungan radioterapi dan kemoterapi. Penelitian menunjukkan bahwa pengobatan kombinasi ini dapat meningkatkan tingkat kesembuhan kanker serviks Stadium 2.

Stadium 3

Pada Stadium 3, kanker serviks telah menyebar jauh dari serviks menuju ke dalam struktur di sekitar daerah panggul. Kanker mungkin telah tumbuh ke dalam vagina bagian bawah dan otot-otot serta ligamen yang melapisi dinding panggul. Dan kemungkinan juga kanker telang tumbuh memblokir saluran kencing. Stadium ini dibagi menjadi

  • Stadium 3A
  • Stadium 3B

Pada Stadium 3A, kanker telah menyebar ke sepertiga bagian bawah dari vagina tetapi masih belum ke dinding panggul.

Stadium 3A kanker serviks Pada Stadium 3B kanker telah tumbuh menuju dinding panggul atau memblokir satu atau kedua saluran pembuangan ginjal.

Stadium 3B kanker serviks Stadium ini biasanya diobati dengan radioterapi dan kemoterapi. Penelitian menunjukkan bahwa pengobatan gabungan ini dapat meningkatkan prosentasi kesembuhan kanker serviks Stadium 3.

Stadium 4

Kanker serviks Stadium 4 adalah kanker yang paling parah. Kanker telah menyebar ke organ-organ tubuh di luar serviks dan rahim. Stadium ini dibagi menjadi

  • Stadium 4A
  • Stadium 4B

Pada Stadium 4A , kanker telah menyebar ke organ-organ seperti kandung kemih dan dubur.

Stadium 4A kanker serviks

Pada Stadium 4B, kanker telah menyebar ke organ-organ tubuh yang sangat jauh, misalnya paru-paru.

Stadium 4B kanker serviks Pada stadium ini kanker diobati dengan pembedahan, radioterapi dan kemoterapi atau kombinasi dari ketiganya.

Bersambung ke Kanker Serviks bagian 4

Pencegahan Kanker Serviks


  • PET scan: Anda menerima suntikan dari sejumlah kecil gula radioaktif. Sebuah mesin membuat gambar terkomputerisasi gula yang digunakan oleh sel dalam tubuh anda. Sel-sel kanker menyerap gula lebih cepat dari sel normal, dan area kanker terlihat terang pada gambar.

This entry was posted in Artikel and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.